Alamat Kantor:
Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar, Riau — Indonesia
Sekarang saatnya kita bahas Perbedaan KLX Gordon dengan KLX biasa.
Kita sering mendengar istilah KLX Gordon berseliweran di komunitas pecinta motor trail. Namun, perlu kita luruskan dulu: Kawasaki tidak memproduksi model KLX dengan nama Gordon.
Sebutan KLX Gordon merujuk pada modifikasi ekstensif yang dilakukan pada basis KLX standar, seperti KLX 150 BF atau KLX 230. Modifikasi ini biasanya mencakup beragam peningkatan, baik dari segi tampilan, performa, maupun fitur.
Tujuan modifikasi ini beragam, mulai dari meningkatkan performa off-road hingga sekadar mempercantik penampilan motor.
Oleh karena itu, membandingkan KLX Gordon dengan KLX standar sebenarnya adalah membandingkan motor standar dengan versi yang telah dimodifikasi secara signifikan.
Hal ini membuat perbedaannya sangat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat modifikasi yang dilakukan. Namun, kita bisa mengidentifikasi beberapa perbedaan umum yang sering ditemukan pada modifikasi KLX Gordon, yang seringkali menjadi referensi bagi para pecinta motor trail.
Berikut lima perbedaan menonjol antara KLX standar dan yang kita sebut sebagai KLX Gordon, beserta penjelasan detailnya.
Salah satu perbedaan paling signifikan antara KLX standar dan KLX Gordon terletak pada sistem suspensinya. KLX standar, baik itu KLX 150 maupun KLX 230, memiliki suspensi yang dirancang untuk penggunaan umum.
Suspensi ini sudah cukup mumpuni untuk medan tanah yang relatif mudah, namun mungkin terasa kurang nyaman dan kurang memberikan kontrol pada medan yang lebih berat atau menantang.
KLX Gordon, di sisi lain, biasanya sudah dibekali dengan upgrade suspensi yang jauh lebih baik.
Modifikasi ini bisa berupa pemasangan shockbreaker aftermarket berteknologi lebih canggih, dengan kemampuan redaman dan rebound yang lebih baik, sehingga dapat menyerap benturan dengan lebih efektif.
Merk-merk seperti YSS, Ohlins atau bahkan Fox Racing sering menjadi pilihan. Upgrade suspensi tersebut berdampak pada pengendalian motor yang lebih presisi dan nyaman, terutama di medan off-road yang berat seperti tanjakan terjal, turunan curam atau medan berbatu.
Anda akan merasakan perbedaan yang signifikan dalam hal kenyamanan dan kepercayaan diri saat berkendara, bahkan pada kecepatan tinggi.
Komponen aftermarket ini biasanya menggunakan material yang lebih berkualitas, sehingga lebih tahan lama dan memberikan performa yang lebih konsisten.
Harga upgrade suspensi ini tentu saja lebih mahal daripada suspensi standar, tetapi peningkatan kualitas handling dan kenyamanan yang didapatkan sepadan dengan investasi tersebut.
Mesin KLX standar sudah cukup handal untuk penggunaan sehari-hari dan medan off-road ringan. Namun, KLX Gordon biasanya mengalami upgrade di sektor mesin untuk menghasilkan performa yang lebih optimal.
Modifikasi ini bisa berupa penggantian knalpot aftermarket yang mengurangi hambatan aliran gas buang, penambahan air filter yang meningkatkan efisiensi aliran udara, hingga modifikasi pada karburator atau ECU (Electronic Control Unit) untuk penyetelan pengapian yang lebih presisi.
Beberapa modifikator bahkan melakukan porting & polishing pada head silinder untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.
Semua modifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan tenaga dan torsi mesin, sehingga motor menjadi lebih bertenaga dan responsif, khususnya pada putaran bawah dan menengah – sangat penting untuk manuver off-road.
Peningkatan performa ini akan sangat terasa saat menghadapi medan yang berat atau saat membutuhkan akselerasi yang cepat.
Namun, perlu diingat bahwa modifikasi mesin memerlukan keahlian dan pemahaman yang mendalam untuk menghindari kerusakan mesin. Memilih bengkel modifikasi yang berpengalaman sangatlah penting.
Perbedaan lain yang sangat mudah terlihat adalah estetika dan aksesoris. KLX Gordon biasanya mengalami perubahan signifikan pada tampilannya.
Modifikasi bisa berupa pemasangan body kit custom, penggunaan hand guard, pemakaian lampu LED dan penambahan aksesoris lain seperti rak barang, pelindung mesin (engine guard) dan lain-lain. Pemilihan warna dan kombinasi warna bodi juga sering kali lebih berani dan atraktif.
Semua perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan penampilan motor menjadi lebih sporty dan modern. Selain aspek estetika, aksesoris tambahan juga meningkatkan fungsionalitas motor.
Contohnya, hand guard melindungi tangan pengendara dari benturan, sementara engine guard melindungi mesin dari kerusakan akibat benturan dengan batu atau ranting.
Rak barang memberikan tempat tambahan untuk membawa perlengkapan. Perlu diingat, penggunaan aksesoris aftermarket ini juga menambahkan biaya yang signifikan.
Harga jual KLX standar relatif lebih terjangkau dibandingkan KLX Gordon.
Perbedaan harga ini sangat signifikan karena harga KLX Gordon tergantung pada tingkat dan jenis modifikasi yang dilakukan.
Selain harga motor standar, anda perlu menambahkan biaya untuk semua part aftermarket, biaya jasa pemasangan dan biaya tenaga kerja bengkel modifikasi.
Oleh karena itu, beli KLX Gordon akan jauh lebih mahal daripada membeli KLX standar baru. Harga yang lebih tinggi ini mencerminkan peningkatan performa, tampilan dan fitur yang didapatkan.
Sebelum memutuskan untuk membeli KLX Gordon, perlu dipertimbangkan dengan cermat anggaran yang tersedia.
Catatan: Perbedaan anti karat Tuff Kote Dinol vs Ziebart
Perawatan KLX Gordon juga perlu mendapat perhatian khusus karena penggunaan banyak komponen aftermarket.
Komponen aftermarket mungkin membutuhkan perawatan dan penggantian yang berbeda dari komponen standar. Penting untuk selalu berkonsultasi dengan bengkel yang berpengalaman dalam modifikasi KLX.
Pengecekkan berkala dan perawatan rutin sangat penting untuk menjaga performa dan keawetan motor.
Tidak ada garansi resmi dari Kawasaki pada KLX Gordon karena ini bukan model resmi pabrik. Garansi hanya berlaku pada komponen standar pabrik jika masih dalam masa garansi. Garansi untuk komponen aftermarket bergantung pada kebijakan masing-masing produsen.
Informasi KLX Gordon paling akurat bisa didapatkan dari bengkel modifikasi motor atau komunitas pecinta KLX di berbagai forum online dan media sosial.
Biaya modifikasi sangat bervariasi tergantung pada jenis dan jumlah part aftermarket yang digunakan. Bisa berkisar dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.
Tidak semua bengkel motor memiliki keahlian dan pengalaman untuk memodifikasi KLX secara ekstensif. Sebaiknya pilih bengkel yang memiliki reputasi baik dan spesialis dalam modifikasi motor trail.
Sebelum memodifikasi KLX, pastikan anda memahami risiko dan biaya yang terlibat. Pertimbangkan aspek keselamatan, legalitas modifikasi dan kemampuan bengkel modifikasi yang anda pilih.